LANSKAP PENDAMPING & KONSULTAN BISNIS

Apakah itu Pendamping?

  • Kegiatan Pendampingan pada umumnya dibuat mengikuti atau menempel pada suatu program / project, misalnya karena ada program penguatan usaha melalui KUR, maka sebagai konsekuensi dibentuklah Pendamping KUR, Program penguatan Ekspor dibentuk Pendamping Ekspor, karena adanya Dana Desa maka dibentuklah Pendamping Desa, karena sedang mendorong sertifikasi halal maka dibentuklah P3H, untuk mendampingi program pengentasan kemiskinan dibentuklah PKH, dan lain sebagainya.
  • Karena itu, terma PENDAMPING saat ini lebih diartikan sebagai tenaga yang dikontrak untuk melakukan serangkaian tugas untuk mendampingi suatu program atau project.
  • Selain disebut pendamping, sering juga disebut penyuluh, fasilitator, Community Development Officer, dan sebagainya

meski sebenarnya secara lebih luas PENDAMPINGAN USAHA adalah serangkaian proses intervensi yang terencana dan terukur yang dilakukan dengan pendekatan dan teknik tertentu terhadap suatu usaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan usahanya


Apakah itu Konsultan Bisnis?

  • Konsultasi Bisnis, seperti halnya Coaching dan Mentoring adalah salah satu teknik Pendampingan bisnis yang terencana dan terukur untuk mengidentifikasi masalah, memetakan alternatif solusi, dan melakukan pendampingan dalam implementasinya.

SIAPA TARGET PASAR KONSULTAN BDS

Bagan Regulasi yang Mengatur UMKM dan Koperasi
  • Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja atau yang lebih dikenal sebagai Omnibus Law mengubah (tidak mencabut) Undang-undang 20/2008 tentang UMKM maupun UU 25/1992 tentang Perkoperasian.
  • Undang-undang ini diajukan Judicial Review ke MA karena dinilai tidak partisipatif dalam proses pembuatannya, dan disetujui oleh Mahkaman Konstitusi dengan perintah perbaikan dalam kurun waktu 2 tahun. Dalam waktu tersebut semua peraturan pelaksana di bawahnya tetap dinyatakan berlaku.
  • Selanjutnya pemerintah menerbitkan PP 7 Tahun 2022 yang memuat tentang kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah